Lukis sutera

 lukis sutera ini dibuat diatas kain 1 X 2 meter sewaktu saya masih kuliah di semester  4. cat yang digunakan khusus untuk kain sutera, biasanya dijual sih di toko buku besar yang di mall-mall. 
langkah awal membuat karya ini, saya harus memilih 1 produk kriya dari nusantara. akhirnya saya memilih ukiran kayu rumah gadang sebagai inspirasi. sebelum membuat yang sebesar ini, saya diharuskan membuat sketsa di kertas A3 dulu lalu diwarnai dengan cat poster. 

salah satu kuliah yang menyenangkan ini, beneran deh lukis sutera itu seru! cukup netesin catnya sedikit, langsung menyebar warnanya :D 
untuk efek tekstur sisik, saya menggunakan garam pas cat nya masih basah..

ini sketsa A3 nya, beda jauh ya rancangan sama eksekusinya hahaha

boneka Rahwana

hari sabtu kemarin, di kampus saya kembali menggelar acara wisudaan. wisuda bulan Oktober 2012. seperti biasa FSRD pasti akan membuat acara arak-arakan untuk wisudawaan dengan tema tertentu. yang membuat acara arak-arakan adalah mahasiswa tingkat 1 FSRD.

hmmm...jadi ingat sekitar  3 tahun yang lalu ketika saya TPB, angkatan saya pernah membuat acara arak-arakan Oktober 2009 dengan tema Ramayana. waktu itu saya sempat membantu di divisi souvenir. souvenir ini akan diberikan ke wisudawan sebagai penanda mereka adalah wisudawan FSRD. bentuk yang dipilih adalah kalung. karena temanya adalah Ramayana maka untuk bentuk souvenirnya dibuat berbentuk boneka Rahwana (toko jahat dalam legenda tersebut) tapi versi super unyu klo menurut saya hahaha.

berikut ini dokumentasi dari kalung boneka Rahwana yang kepala nya terbuat dari bekas minuman kaleng. semua yang nya handmade bikinan saya dan teman-teman, baik dari kotak maupun bonekanya :D


mengangkat budaya Lombok :)

sewaktu semester 5 kemarin saya ada kuliah kriya fashion, jadi kuliahnya itu mencoba menerapkan karya-karya kriya dalam produk fashion. lalu dosennya bilang bahwa mahasiswanya harus mengangkat budaya Indonesia dengan pilihan pulau-pulau kecil seperti Bangka, Belitung, pulau-pulau di Maluku, Lombok dan pulau-pulau di Nusa Tenggara lainnya. kebetulan saya memang ada rencana untuk jalan-jalan ke Lombok gak lama setelah itu, jadilah saya pilih untuk mengangkat budaya Lombok :)
ini moodboard + colour scheme nya buat karya saya, saya mengambil inspirasi dari keindahan pantai di Lombok, motif tenun keker dan baju adat wanita Lombok yang namanya Lambung.

teknik yang saya gunakan untuk keempat baju ini adalah marbling dan laser cut. sebenernya selain kain yang berwarna hitam semuanya itu kain berwarna putih loh! jadi itu "digambar" dengan teknik marbling, yang kalau dilihat lebih dekat motifnya menyerupai motif pada batu marmer.
lalu ormamennya saya pakai teknik laser cut. ini dia keempat karyanya...




Photographer : Akbar Ilham Manangkasi
Model : Karina Novita & saya sendiri :P
M.U.A : Arini Anissa

bulan Mei kemarin, 2 karyaku sempat di fashion showkan di Jakarta Fashion Food Festival (JFFF) di Kelapa Gading. ini dokumentasinya :D

The Colour of metamorphosis

Jadi ini karya saya,Alifa & Wira ketika jadi finalis kompetisi Econic (lomba desain eco fashion). konsepnya itu kita mengambil inspirasi dari 3 fase dalam metamorfosis, ulat (dress hijau), kepompong (dress kuning) & kupu-kupu (dress merah). karya saya sendiri itu yang di tengah dengan warna (dominasi) merah. materialnya sendiri saya menggunakan limbah perca dari tukang jahit yang dijahit satu persatu membentuk bunga dan kupu-kupu.
ini gambar sketsa rancangannya, kelihatan banget ya beda gaya gambar Alifa, saya sama Wira :D


hasilnya begini bajunya...




Desainer : Gina Glad Tanaro (dres merah), Alifa Rasyida (dres kuning), Bhaskoro Wira (dres hijau)
Photographer : Akbar Ilham Manangkasi ,dkk
Model : Kezia Clarissa Langi, Clarisca Valentinez, Nadine Ariandini 
make-up : Miss Q



Fahion show di Pacific Place, dari 3 karya ini, cuma punya saya sama Alifa yang di fashion show kan. punya Wira dipamerkan di dalam mall Pacific Placenya.
sayang foto pas bajunya Alifa diperagain saya gak nemu dokumentasinya di facebook orang-orang. btw ini makasih banyak yah yang udah fotoin karyaku, maaf main saya ambil terus upload di sini hehehe :)

boneka miniatur diri :D

 yup benar ini boneka miniatur saya! 
dibuat dalam rangka untuk dekorasi pameran penujurusan sewaktu akhir aku tingkat pertama kuliah. jadi pameran ini fungsinya untuk memperlihatkan kuliah tingkat kedua saya dan seterusnya lebih baik masuk jurusan apa. dan ternyata aku dapat jurusan yang sesuai dengan keinginan yaitu kriya :D

boneka ini dibuat dari karton duplex yang dibungkus dengan kertas hvs berwarna krem dan hitam untuk rambut. untuk bajunya aku menggunakan kain flanel yang tempel. terus kenapa style ini yang saya pilih karena sewaktu tpb (tahap persiapan bersama, sebutan untuk kuliah tingkat 1 di ITB) saya cukup konsisten dengan rambut pendek, berkaca mata, hampir selalu menggunakan kalung, sering memakai kaos putih polos dan juga rok hahaha, tergambar sekali yah di boneka nya :P

terus karena hampir setiap orang yang pameran membuat boneka miniaturnya masing-masing. sempat menjadi ajang tebak-tebakan itu bonekanya siapa, dan senangnya tiap orang liat boneka saya tahu klo itu saya! berarti tebakan saya tentang style saya sendiri orang lain juga sepakat yah hahaha.

ini dia panel ku pas pameran dan letak si boneka yang saya kasih nama "Gina Junior" :D

 nah ini dia foto yang pameran alias saya sendiri sekaligus boneka miniaturnya.
gimana? cukup mirip gak? hahaha

* sampai sekarang boneka ini masih dalam kondisi prima di kosan saya loh, udah mau 3 tahun padahal*

handmade necklaces

semua kalung di sini saya buat sendiri menggunakan bahan dasar kain flanel yang mayoritas bikinnya cuma digunting lalu dilem dengan lem uhu buatnya. lalu tinggal ditambah manik-manik dan tentunya tali rantai (atau tali lainnya).







batik terumbu karang

ada yang tahu hewan nudibranch? atau mungkin pernah dengar kelinci laut? saya baru tahu baru-baru ini nih, hewan ini seperti siput tanpa cangkang tapi dengan warna warni menakjubkan + bentuk yang sangat unik. selain karena visualnya yang menarik, saya juga tertarik karena ada isu lingkungan yang berkaitan dengan hewan ini. 

ini si Nudibranch itu... gemes yaaa...

 beberapa waktu yang lalu saya ngobrol dengan seorang teman dari jurusan biologi, dia bercerita tentang isu lingkungan "coral bleaching". hal tersebut ternyata banyak terjadi di perairan Jawa. jadi karena adanya pemanasan global & perilaku tidak ramah lingkungan lainnya, para terumbu karang di banyak perairan mengalami pemutihan. karang yang berwarna warni itu menjadi warna putih lalu menjadi keropos dan akhirnya menjadi tempat yang tidak layak lagi untuk dihuni hewan-hewan laut lainnya. padahal perairan di indonesia kan terkenal karena kekayaan bawah lautnya di dunia. sedih banget yah dengar isu yang satu ini :(

lalu apa hubungannya dengan hewan nudibranch? nah hewan ini tuh bisa dibilang salah satu parameter sebuah terumbu karang masih baik atau tidak. jadi kalau di sekitar terumbu karang ini masih ada hewan ini berarti terumbu karang tersebut masih bisa dikategorikan sehat. selain itu dari sekian banyak jenis nudibranch di dunia, paling banyak jenisnya itu adanya di Indonesia :D

karena terkesan dengan hewan ini maka saya membuat rancangan motif batik dengan "bintang" nya adalah hewan nudibranch. di sebelah kiri itu merupakan gambaran ancaman coral bleaching dengan tambahan gambar bulu babi di bagian garis kuning. konon katanya pantai yang banyak bulu babinya itu berarti pantai yang lautnya tidak sehat. jadi makin banyak bulu babi = makin buruk perairannya.

gambar ini saya buat di kertas A3 dengan menggunakan media cat poster buat mewarnai lalu pulpen gliter untuk memberi detil :D


nb : oh ya kalau kalian ingin berkontribusi terhadap pemantauan tembu karang, kalian bisa sambil menyelam di lautan sambil mencocokan warna terumbu karang dengan papan tabel kesehatan karang yang namanya "CoralWatch : coral health chart" 
lalu berkontribusi mengirim hasil pantuan kalian ke web coralwatch.org


Clutch Bag


bukan bukan, saya bukan bikin tas ini dari awal! tapi cuma ngasih dekorasi aja di tas ini. jadi ini tas untuk tugas kuliah saya yaitu "image analysis" . moodboardnya sendiri saya menggunakan moodboard yang sama dengan ini.

clutch bag nya saya beli yang warnanya hitam polos. terus ditempel-tempel kain-kain hasil eksplorasi. nempelnya juga pakai lem uhu dan lem tembak aja. oh ya itu yang bulet-bulet putih itu lilin loh! jadi lilin yang lagi menyala kan ada lilin yang mencair tuh, nah terus ditetesin deh ke kain, jadinya berbentuk bulat 3D gitu deh haha. 

sebenernya bagian atas tas nya bukan bunga begitu, tapi saya copot (paksa) ganti bunga dari beludru


tas limbah benang

 tas ini dibuat dari barang-barang bekas loh! gak bekas-bekas banget juga sih. barang sisa nyaris dibuang lebih tepatnya. jadi maksudnya bekas dari bahan bikin tugas, dari pada langsung dibuang jadi dibuat sesuatu aja deh. ya pokoknya begitu, ini kenapa malah dibahas panjang yah masalah bekas bekas sisa sisaan ya?! hahaha :P

plastiknya sendiri saya pakai plastik yang biasa dipakai buat sampul buku (yang biasa dijual meteran itu lho) terus benangnya itu benang-benang sisa ngerajut. kan banyak tuh benang-benang yang pendek-pendek yang sulit buat dirajut lagi tapi sayang juga dibuang abis warnanya bagus, jadi emang biasanya sering saya simpan itu benang-benang pendek, soalnya optimis suatu saat pasti bisa dipakai, dan akhirnya terbukti kali ini benang-benang pendek itu berguna hehehe.

bikinnya ini relatif gampang, soalnya jahitnya cuma lurus-lurus doang. jadi 2 lembar plastik terus di tengah-tengahnya diletakan si benang warna-warni. udah intinya itu aja diulang-ulang.

ini juga termasuk salah satu tugas kuliah saya "aksesoris fashion". ini bikinnya kebut semalam dari hari pengumpulan! jadi saya bikin mulai abis magrib sampai jam 3 pagi terus sekitar jam 10 paginya langsung dikumpulin hahahaha *deadliner sejati*. soalnya entah kenapa kepikiran bikin tugasnya berbentuk ini tuh emang pas menjelang pengumpulannya. emang lah ini otak sering bekerja maksimal kalau udah terdesak hahaha. untungnya hasil nilai akhirnya cukup memuaskan untuk kerjaan "sangkuriang" macam begini :P

nb : ssstt...karena bikinnya sistem kebut semalam gini, jadi banyak "akal-akalan" dibalik tas ini. sebenernya ini tas banyak terbentuk dengan bantuan double tape, jadi tingkat kekuatan tas ini sangat dipertanyakan sanggupnya ngangkat beban berapa kilo (atau cuma gram ya? hahaha)


Origami Lucky Stars


untuk cara bikinnya bisa dilihat di sini 
sebelum kalian mencoba bikin, kalian sebelumnya musti menyiapkan kertas origami yang bentuknya panjang seperti pita di sini . biasanya sih dijual di toko buku atau gak di toko-toko yang biasa jual barang-barang lucu/kado gitu (toko-toko begitu sebutannya apa sih sebenernya? hehe)


oh ya ada sedikit cerita dari bintang-bintang kertas ini pas lebaran beberapa tahun yang lalu (saya sudah dari lama banget bikin karya ini, pas smp atau sd aku lupa tepatnya). jadi waktu itu mama saya menuruh toples ini di meja dekat toples-toples kue lebaran, nah banyak tamu yang salah ngira itu permen dong! terus pada buka toplesnya ngambil satu bintangnya terus dibuka ternyata...zonk! kosong! hahaha. lucu sih liatin tamu-tamu yang kena tipu hehe, tapi kesel juga lama-lama karena bintang-bintangnya jadi pada rusak. akhirnya saya pindahin aja toplesnya di lemari kaca dekat barang-barang pajangan biar orang gak mikir itu permen lagi dan gak bisa ngambil :P


selamat lebaran! :D

halo halo semuanya! minal aidin wal faidzin yaa :D
ngomong-ngomong bagaimana dengan lebaran kalian? ada yang pergi mudik? klo saya sih di rumah aja lebaran kali ini :)
oh ya ada yang bikin suka bikin kue lebaran ga? saya kemaren pengen banget bikin, tapi apa daya dapur rumah lagi direnovasi sampai H-1 lebaran jadi gak bisa deh huhu. sebagai penggantinya biskuit-biskuit yang ada di rumah saya bungkus kecil-kecil terus ada label bergambar nuansa lebarannya. labelnya aku desain di komputer trus diprint deh. jadi kue lebaran di rumah saya tetep terasa sentuhan personalnya, soalnya yang begini cuma ada di rumah saya hehehe.




tempat tissu

tempat tissu ini gampang banget dibuatnya! cuma tinggal lipet kain flanel terus dijahit pinggirnya :D





tenun-nan pertama :D



di jurusan saya (Kriya Tekstil) ada yang namanya kuliah olah tenun. jadi tiap mahasiswanya wajib bikin kain tenun sendiri dengan ATBM (alat tenun bukan mesin). ada yang pernah liat ATBM yang kaya gini gak? nah di fakultas saya ada banyak tuh alat begitu. 

ternyata membuat selembar kain tenun tangan kaya gitu R.E.P.O.T-B.A.N.G.E.T! biasanya kalau kalian liat orang nenun kan udah di tahap masuk-masukin benang yang letaknya horizontal (pakan) ke benang-benang yang vertikal (lungsi). ternyata untuk sampai tahap itu kalian musti nyiapin benangnya sendiri, masukin benangnya satu-satu ke mesin. wuih ribet deh pokoknya bikinnya. bingun juga jelasinya klo pakai kata-kata hahaha. kapan-kapan saya bikin videonya deh biar kalian bisa kebayang gimana rempongnya :P

blom lagi klo kita gak bener masukin benangnya. bisa-bisa kusut itu benang-benangnya. klo pas saya kuliah lebih seru lagi tantanganya, karena ATBM di kampus pada gak dalam kondisi baik alias lumayan rusak semua hahaha. ini motif yang dibikin sederhana banget cuma garis-garis doang. cuma emang benangnya ada yang diwarnain gtu. yang saya bikin ini panjangnya cuma 1 meter tapi bikinnya sampai berjam-jam. saya inget banget pas bikin kain ini sampai jam setengah 12 malem di kampus bareng 3 orang temen saya. abis itu saya pulang ke kosan dengan perasaan bahagia banget karena bisa kelar urusan sama ini kerjaan hahahaha #curhat




gak kebayang deh gimana kalau pengrajin kain tenun di daerah-daerah pakai alat yang jauh lebih manual bahkan benangnya bikin sendiri tapi hasil akhirnya bisa jadi kain bermotif rumit. saya aja yang garis garis doang gini udah stres bikinnya :P

sampai sini kalian kebayang gak yang saya omongin? enggak ya? ywd lah gak papa hahaha. pokoknya klo kalian suatu hari bertemu kain tradisional yang dibikin dengan ditenun manual gitu terus motifnya rumit/detail jangan kaget yah klo harganya mahal! terus jangan ditawar kelewat murah atau protes kemahalan. karena percayalah ada ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi dari si pembuatnya di balik kain tersebut ;)

kuliah batik

batik yang dipelajari di kuliah saya bukan hanya mendesain gambar-gambar khas batik tapi lebih mempelajari gimana proses pembuatan batik asli yang seperti diwariskan oleh nenek moyang kita. jadi yang namanya batik itu menutup kain dengan cairan malam (lilin) sebelum memasukannya ke cairan pewarna kain. jadi bagian yang tertutup malam gak akan terkena pewarna tersebut. nantinya kain yang penuh tempelan malam tersebut akan dilunturkan malamnya, sehingga nanti akan tercipta gambar dengan beda warna. jadi kita itu berkreasi dengan cara meletakan malam tersebut ke kainnya. ada yang menggunakan canting, cap besi atau pun kuas lukis.
batik cap, 1 X 1 meter
Batik yang paling atas ini hasil workshop (sekaligus jadi nilai kuliah hasil workshopnya) bersama seniman Jerman "Joachim Blank" kalian bisa lihat beberapa karyanya di sini.
 yup saya dan teman-teman sejurusan belajar bikin batik kontemporer sama orang Jerman. oke mungkin sebaiknya aku ralat aja namanya jadi belajar "teknik wax-resist dyeing" dengan menggunakan aneka benda sebagai cap nya. kalau di karya yang atas ini selain menggunakan cap batik tradisional, saya juga menggunakan batang kayu sebagai cap. jadi yang kotak-kotak berwarna pink muda itu hasil dari nge-batik cap dengan batang kayu. 

batik cap + batik lukis, 1 X 2 meter

batik tulis, 1 X 1 meter 
batik cap, 1 X 2 meter
model : Dika Despanhi Sulaeman

Strawberry kiwi smoothies

jadi ceritanya tadi setelah berbuka, saya iseng ngobrak-ngabrik isi kulkas nyari bahan-bahan yang bisa dipakai buat eksperimen, pas liat bagian bawah ternyata banyak buah yang dibeli minggu lalu belom tersentuh! nah dari pada membusuk beberapa hari lagi jadi mending dijus aja deh.
btw, ini pertama kalinya saya ngeblender kiwi, ternyata warnanya mengecewakan yah setelah diblender hahaha. kirain bakal ijo muda seger bagus gitu, eh malah warnanya ijo butek gitu :P
eh tapi gak tau juga deh, entah kiwi bikinan saya aja yang kematengan makanya warnanya gitu atau emang kiwi itu gak oke warnanya setelah diancurin. 
ah tapi yasudahlah yang penting rasanya enak pas diminum, asem-asem seru :)