Textile pattern

ini tugas kuliah saya untuk mata kuliah bagan teknik tekstil (anak Kriya Tekstil ITB pasti kenal banget ini mata kuliah :P)
jadi itu kuliahnya ngajarin gimana cara kita bikin motif untuk sebuah kain. selain musti ada konsep dari gambar motifnya, ada 1 hal lagi nih yang penting. kalau bikin motif di kain itu musti nyambung ditiap-tiap ujungnya, jadi kalau diulang-ulang motifnya tetap jadi 1 kesatuan dalam helaian kainnya.

di karya yang hitam putih ini, pertamanya aku bikinnya di selembar kertas A4 yang digambar-gambar dengan spidol. terus difotokopi sebanyak 5 kali terus di sambung-sambungin deh. ini setelah di sambung-sambung terus diedit dikit biar rapih.


kalau ini ketentuan tugasnya musti ngambil motif batik Jawa Barat. jadi bikinnya digambar manual dulu  motif-motif yang menarik satu-satu. terus digabung-gabung di photoshop dengan kertas kerja A4 (jadi ceritanya itu modul) nah pas udah jadi, digabung-gabung lagi deh sampe ukurannya sekitar 40x40cm. gabung-gabunginnya ini saya langsung di photoshop terus print. udah selesai? beluuum! jadi itu di print nya cuma outline gambar hitam putihnya! terus itu bisa warna warni saya warnaiin manual pakai cat poster! wow banget deh itu sampe berhari-hari bikinnya pas lagi liburan lebaran ampe gak ke mana-mana hahaha.