kuliah batik

batik yang dipelajari di kuliah saya bukan hanya mendesain gambar-gambar khas batik tapi lebih mempelajari gimana proses pembuatan batik asli yang seperti diwariskan oleh nenek moyang kita. jadi yang namanya batik itu menutup kain dengan cairan malam (lilin) sebelum memasukannya ke cairan pewarna kain. jadi bagian yang tertutup malam gak akan terkena pewarna tersebut. nantinya kain yang penuh tempelan malam tersebut akan dilunturkan malamnya, sehingga nanti akan tercipta gambar dengan beda warna. jadi kita itu berkreasi dengan cara meletakan malam tersebut ke kainnya. ada yang menggunakan canting, cap besi atau pun kuas lukis.
batik cap, 1 X 1 meter
Batik yang paling atas ini hasil workshop (sekaligus jadi nilai kuliah hasil workshopnya) bersama seniman Jerman "Joachim Blank" kalian bisa lihat beberapa karyanya di sini.
 yup saya dan teman-teman sejurusan belajar bikin batik kontemporer sama orang Jerman. oke mungkin sebaiknya aku ralat aja namanya jadi belajar "teknik wax-resist dyeing" dengan menggunakan aneka benda sebagai cap nya. kalau di karya yang atas ini selain menggunakan cap batik tradisional, saya juga menggunakan batang kayu sebagai cap. jadi yang kotak-kotak berwarna pink muda itu hasil dari nge-batik cap dengan batang kayu. 

batik cap + batik lukis, 1 X 2 meter

batik tulis, 1 X 1 meter 
batik cap, 1 X 2 meter
model : Dika Despanhi Sulaeman