tenun-nan pertama :D



di jurusan saya (Kriya Tekstil) ada yang namanya kuliah olah tenun. jadi tiap mahasiswanya wajib bikin kain tenun sendiri dengan ATBM (alat tenun bukan mesin). ada yang pernah liat ATBM yang kaya gini gak? nah di fakultas saya ada banyak tuh alat begitu. 

ternyata membuat selembar kain tenun tangan kaya gitu R.E.P.O.T-B.A.N.G.E.T! biasanya kalau kalian liat orang nenun kan udah di tahap masuk-masukin benang yang letaknya horizontal (pakan) ke benang-benang yang vertikal (lungsi). ternyata untuk sampai tahap itu kalian musti nyiapin benangnya sendiri, masukin benangnya satu-satu ke mesin. wuih ribet deh pokoknya bikinnya. bingun juga jelasinya klo pakai kata-kata hahaha. kapan-kapan saya bikin videonya deh biar kalian bisa kebayang gimana rempongnya :P

blom lagi klo kita gak bener masukin benangnya. bisa-bisa kusut itu benang-benangnya. klo pas saya kuliah lebih seru lagi tantanganya, karena ATBM di kampus pada gak dalam kondisi baik alias lumayan rusak semua hahaha. ini motif yang dibikin sederhana banget cuma garis-garis doang. cuma emang benangnya ada yang diwarnain gtu. yang saya bikin ini panjangnya cuma 1 meter tapi bikinnya sampai berjam-jam. saya inget banget pas bikin kain ini sampai jam setengah 12 malem di kampus bareng 3 orang temen saya. abis itu saya pulang ke kosan dengan perasaan bahagia banget karena bisa kelar urusan sama ini kerjaan hahahaha #curhat




gak kebayang deh gimana kalau pengrajin kain tenun di daerah-daerah pakai alat yang jauh lebih manual bahkan benangnya bikin sendiri tapi hasil akhirnya bisa jadi kain bermotif rumit. saya aja yang garis garis doang gini udah stres bikinnya :P

sampai sini kalian kebayang gak yang saya omongin? enggak ya? ywd lah gak papa hahaha. pokoknya klo kalian suatu hari bertemu kain tradisional yang dibikin dengan ditenun manual gitu terus motifnya rumit/detail jangan kaget yah klo harganya mahal! terus jangan ditawar kelewat murah atau protes kemahalan. karena percayalah ada ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi dari si pembuatnya di balik kain tersebut ;)