Cool-Jar

Cool-Jar ini adalah salah satu project yang saya dan teman kuliah saya buat untuk dibisniskan. Saya lupa nama ajangnya apa, yang jelas kami (kelompak yang terdiri dari mahasiswa) diminta untuk membuat proposal rencana bisnis yang nantinya akan diseleksi hingga pada tahap tertentu kelompok yang terpilih akan diberi uang untuk modal memulai usaha secara cuma-cuma. 

Tanaman yang di dalam toples ini hidup lho! dan mampu bertahan hingga beberapa bulan tanpa perlu disiram. jadi si jely yang berwarna itu sudah mengandung nutrisi yang cukup untuk tanaman hingga beberapa bulan, selama si toplesnya tidak bocor kemasukan udara (jadi harus steril). nanti kalau tanaman ini sudah besar, ia bisa diambil dan dipindahkan ke pot atau tanah beneran.

Karena di kelompok ini semua anggotanya mahasiswa biologi dan hanya saya yang mahasiswa desain (Di grup ini saya bertanggung jawab untuk urusan estetika,fyi), maka jadilah saya orang yang paling norak saat melihat proses pembuatan di lab biologi :p. 
Nama prosesnya sendiri adalah Kultur Jaringan (yap, nama Cool-Jar ini diambil dari Singkatan KulJar hohoho), jadi tanaman dipotong kecil-kecil lalu dari potongan itu akan tumbuh menjadi tanaman baru. simpel memang konsepnya, tapi eksekusinya repot bangett.. harus steril, di lab, dengan penerangan dan suhu tertentu bla bla :P