Gardens by the Bay

Menuju ke tempat wisata di Singapura ini gampang, kalian tinggal naik MRT jalur kuning turun di Bayfront terus jalan kaki ke lokasi (yang lumayan jauh ternyta, jadi siapkan alas kaki super nyaman ya!) kalau kalian cuma mau duduk-duduk atau jalan-jalan santai di sini, biayanya gratis, tapi kalau kalian berminat masuk ke Flower Dome & Cloud Forest ada biaya lagi. 

Langsung sigap foto pas ngeliat "Super tree grove" yang memang menjadi ikon tempat wisata ini 😜 
untuk naik ke jembatan di super tree grove ini juga ada biaya tambahan lagi. Kalau kalian datang saat siang hari panas terik, saya sarankan untuk beli tiket masuk Flower Dome & Cloud Forest, karena tempat wisata ini indoor dan adem banget. 

Pertama saya masuk ke Cloud Forest, baru di pintu masuk langsung disambut oleh air terjun yang langsung membuat badan saya sedikit kaget karena dingin banget ya di bagian sini, kontras dari suhu di luar yang panas. 

Btw, karena saya ke sini saat weekend, jadi kan ramai banget ya, jadi ada banyak orang yang tak sengaja ikutan masuk frame ketika saya foto-foto, jadi demi kenyamanan bercerita, orang-orang tersebut saya sensor dengan bunga-bunga, photo bomb banget soalnya hahaha.

Tanaman-tanaman ini hidup loh semuanya, ditanamnya secara vertikal, dan tanaman-tanaman ini berasal dari aneka tempat di belahan dunia. Naik di jembatan ini lumayan juga sensasinya, soalnya ada bagian jembatan yang transparan, jadi bisa lihat ke bawah langsung dari ketinggian yang lumayan, kyaaa 😂

Aneka tumbuhan pemakan serangga dari lego!! kalian bisa bedain gak mana yang tanaman asli mana yang dari lego? 

butuh lego seberapa banyak ya untuk bikin Raflesia begini?

dibagian atas Cloud Forest ada yang namanya "Lost World", saya kira bakal gimana ya bentuknya, ternyata berisi aneka tanaman yang biasanya ada di dataran tinggi. well, karena saya gak tau juga tanaman yang ada di pegunungan tuh gimana, jadi agak kecewa sih pas sampe sini hehehe 🙊

foto dari atas jembatan yang saya sebutkan tadi...

gak cuma ada tanaman di mana-mana saja isinya tempat ini, ada beberapa tempat interaktif juga, tapi saya gak sempet ke sana karena waktu yang terbatas, jadi ini aja foto dari ekskalator. 

lanjut ke masuk ke Flower Dome, saya pribadi lebih suka di sini dibanding yang Cloud Forest. setelah dipikir-pikir, saya agak nyesel gak foto-foto siluet di ruangan ini hahaha #tetep (eh ternyata ini bagian terakhir mau keluar dari Flower Dome deng)

Di Flower dome ini biasanya isinya berubah-ubah sesuai tema yang lagi pameran apa. Waktu saya ke sana yang pameran temanya Tulipmania, jadi tulip dari aneka negara ada di sini...

aneka jenis tulip, konon katanya tulip adalah jenis bunga terpopuler ke 3 di dunia (tulisan di brosur acara pamerannya sih gitu hahaha)

Flower Dome ini kayaknya lebih kecil ya dari Cloud Forest, dan bagian menariknya menurut saya ya dibagian tengah ini yang bisa buat pameran ganti-ganti tema, bagian lain ya oke lah buat nambah wawasan. Saking "instagramable" nya tempat ini, semua orang yang lagi ada di wilayah ini pasti klo gak lagi berpose buat foto, ya sibuk dengan kamera masing - masing hihihi.


Keluar dari Flower Dome ternyata sudah sore, jadi kalau ke tempat ini saya sarankan untuk menyediakan 1 hari, jadi bisa santai jalannya, sempet piknik-piknik cantik terus sempet ngiter-ngiterin semuanya. Sayang banget nih saya gak sampai malam di sini, padahal kalau pas langit gelap lampu-lampu ditanamannya pada nyala, terus si Super tree grove nya jadi seperti hutan di film avatar , pertanda musti ke sini lagi kayaknya ini kapan-kapan...