Mengangkat Budaya Lombok

dokumentasi pameran akhir semester 5
sewaktu semester 5 gw ada mata kuliah tentang kriya fashion, jadi kuliahnya itu tujuannya untuk menerapkan karya-karya kriya dalam produk fashion. lalu dosennya bilang bahwa mahasiswanya harus mengangkat budaya Indonesia dengan pilihan pulau-pulau kecil seperti Bangka, Belitung, pulau-pulau di Maluku, Lombok dan pulau-pulau di Nusa Tenggara lainnya. kebetulan gw memang ada rencana untuk jalan-jalan ke Lombok gak lama setelah itu, jadilah saya pilih untuk mengangkat budaya Lombok šŸ˜€

ini moodboard + colour scheme nya buat karyanya, jadi ceritanya gw mengambil inspirasi dari keindahan pantai di Lombok, motif tenun keker dan baju adat wanita Lombok yang namanya Lambung.

Teknik yang saya gunakan untuk keempat baju ini adalah marbling dan laser cut. sebenernya selain kain yang berwarna hitam semuanya itu kain berwarna putih loh! jadi itu "digambar" dengan teknik marbling (kapan-kapan gw bakal bikin postingan khusus membahas teknik ini ya), yang kalau dilihat lebih dekat motifnya menyerupai motif pada batu marmer. lalu ormamennya gw pakai teknik laser cut di kain bludru. Selain itu ada juga teknik smock yang bikin kain biasa dijahit dengan pola tertentu jadi keliatan kaya dianyam kainnya.

sejujurnya ini salah satu karya jaman kuliah yang gw cukup puas pas udah jadi, dan teknik-teknik yang gw gunain juga baru pertama kali gw cobain, lalu hasilnya sesuai ekspektasi.
ini dia keempat karyanya...