Redaksi Majalah

Ini dia nih awal mula kecintaan gw sama dunia media. Kira-kira di tahun 2007-2008 gw dan beberapa temen di SMA bikin insiatif buat bikin majalah sekolah dengan konsep full color (sekitar 8 tahun sebelumnya pernah ada media cetak di SMA gw tapi bentuknya foto kopi gitu). Lumayan ada drama juga perjuanginnya, untungnya ada beberapa guru dan kepala sekolah waktu itu support, jadilah majalah dengan kertas art paper dan sampul art carton laminasi doff terbit di pengambilan rapor.

Dengan speksifikasi majalah yang cukup lux untuk ukuran majalah sekolah, edisi pertama dijualnya dengan harga 10 ribu rupiah, itu karena disubsidi juga sama dana dari sekolah. nah setelah edisi pertama laku, keuntungannya dipakai untuk modal edisi berikutnya yang terbit di pengambilan rapor selanjutnya alias 6 bulan lagi hahaha (maklum redaksinya anak murid, musti belajar kan tugas utamanya 😛)
Eksis banget yekan tim redaksinya nongol di halaman pertama hahaha.

Nostalgia dikit waktu pembuatan edisi pertama ini, berkesan banget soalnya hehehe.
Jadi gw kan modal nekat ya bikin majalah kaya gini, gw belom pernah layout majalah sebelumnya, gak tau proses cetak majalah gimana, gak tau harga bikin majalah itu berapa, modal gw cuma keyakinan klo dari kecil gw udah seneng bikin 'rangkuman' atau menyampaikan lagi hal gw tau ke orang dengan bahasa/style gw (waktu SD bahkan gw pernah bikin majalah fotokopi loh hahha). Gak mau setengah-setengah, gw ngeberaniin diri buat jadi Chief Editor/ Head buat ini project majalah.

Ternyata keberanian gw ini musti dibayar dengan "pengabdian" yang akhirnya mengajarkan gw banyak hal baru dan berharga buat kehidupan gw selanjutnya #tsaaah. Selama pembuatan edisi pertama gw dibimbing sama 3 senior yang mantan pembuat media fotokopi 8 tahun yang lalu itu. Mereka support nya total banget, bantuin cara bikin konsep isinya, bantuin ngelayout, bantuin ngitung-ngitung duit, bantuin ngurus percetakan. ntap. 

Sampai puncak nya di H-7 pengambilan rapor, ternyata 50% aja blom nyampe si konten majalah, panik gila gw, temen-temen gw udah bingung bisa bantu apa lagi dan mereka juga mayoritas punya prioritas lain. hiks. "gimana mau masuk percetakan dekkk??" inget banget gw itu kalimat yang keluar dari senior gw di telephone. akhirnya malem itu juga 2 dari 3 senior itu ke rumah gw, dan bertekad bantuin gw sampe itu majalah kelar dan nganterin ke percetakan. pantang pulang sebelom kelar pokoknya. 

Karena dulu blom jaman laptop ya, gw sampe ngeluarin PC gw ke teras rumah, karena si senior mau sambil ngerokok dan mungkin sungkan juga masuk-masuk rumah gw karena mereka cowo semua. Mulai nya dari jam 9 malem, awalnya gw kira jam 1-2 pagi kelar lah ya. ternyata.............

.......jam 9 pagi mereka baru balik dari rumah gw.....

Selama 12 jam itu kalian di teras bikin majalah doang, Gin??? YESSSS. 
Buat ukuran anak 17 tahun yang belum mengenal kerasnya dunia deadline, 12 jam tanpa tidur terus ketemu ayam berkokok itu sesuatu yang wow yah. Alhamdulilah segalanya berjalan baik selanjutnya, sampe akhirnya ini majalah terbit (walau banyak typo di mana - mana hahaha). 

Skill gw dalam membuat media cetak beneran meningkat abis bikin edisi perdana ini, dan mulailah gw jatuh hati sama dunia media, gw jadi rajin baca aneka majalah, gw perhatiin jenis konten apa yang menarik pembaca, layout yang enak diliat dan dibaca buat majalah tuh kaya gimana sampe cara nentuin point of view tetep netral klo ngangkat suatu isu. Secara gak sadar ternyata kebiasaan ini jadi 'modal dasar' yang akhirnya membantu gw dalam membuat media aneka platform sekarang.


halaman-halaman dari edisi perdana. Dimana peran Ka Brahma, Ka Imbang & Ka Ilyas masih sangat banyak di sini. 

halaman dari edisi ke 2. udah mulai gaya-gayaan pake pemotretan pake model dan studio ala-ala hahaha.


cover edisi ke 2.
mohon maaf ini gambarnya main copas aja dari devianart, klo ngerasa pembuatnya bilang yah, ntar gw tulis namanya di sini hehehe✌