Serat Alam & Merebus Daun Mangga


Di mata kuliah ini, selain harus menggunakan serat alam, harus menggunakan pewarna alam juga untuk pembuatan karyanya. Setiap Mahasiswa diundi harus menggunakan serat apa dan pewarna nya apa, jadi gak ada yang dapetnya sama. Beruntung gw dapet serat dan pewarna yang nyarinya di pasaran cukup gampang dan gak mahal hehehe.

Seratnya gw dapet serat abaca (dari pohon pisang abaca a.k.a pisang jantan a.k.a pisang yang gak berbuah) terus pewarnanya daun mangga. Untuk pewarna nya gw nyabutin daun mangga di kebon di rumah gw sendiri, jadi gratis hahaha. gak gratis banget juga sih, karena rumah gw di Tangerang, terus kosan di Bandung, jadi minta tolong papa buat ngirimin satu dus isinya daun mangga via mobil travel Jakarta - Bandung, dan terjadilah percakapan berikut :

Mba travel : "ini isi dusnya apa ya pak?"
Papa : "Daun mangga mba"
Mba travel : "Daun mangga?!" (dengan muka heran)
Papa : "Anak saya kuliahnya desain mba"
Mba travel : "oh gitu, oke" (dengan muka paham)
😂😂😂

jadi buat ngewarnainnya selain dimasak pake ekstrak daun mangga musti dicampur bahan lain kaya garam, cuka, tunjung, tawas & kapur sirih. dan musti dicoba-coba direndam 5 menit gimana, 10 menit gimana dst. 

setelah ketemu warna yang pas buat bikin karya, baru deh warnain dalam jumlah besar.

Sebelum bikin karya gedenya, musti eksperimen bikin aneka bentuk dalam ukuran kecil-kecil. 
Dalam pembuatan karya ini gw pake teknik pres jadi itu serabut abaca di kasih lem terus dipres pake strika panas. Mata kuliah ini membuat gw ngorbanin strikaan gw di kosan rusak & beli panci khusus mewarnai ini material hahaha.