Belajar Bikin Konten Video


Seperti yang pernah gw ceritakan di postingan super awal-awal gw dulu, gw itu males banget berurusan sama yang namanya bikin video. Ribet banget shayyy...asli hahaha.

Bahkan ya waktu di kantor dulu, gw paling menghindar banget sama yang namanya bikin video ataupun edit video. gw jauh lebih suka ngedit warna foto, manipulasi foto, dan kerjaan desain grafis lainnya.

Sampai akhirnya gw resign, niat awalnya gw mau fokus berkaryanya di blog dan instagram @gladtomakeit aja, tapi karena semua orang ngomong youtube - youtube mulu akhirnya gw mulai rajin lah nonton youtube sekitar Agustus - September 2017 kemarin. fyi, gw gak kenal dunia per - youtube an indonesia sebelumnya, bahkan selebram yang basisnya video macam artis-artis indovidgram aja gw gak pernah tau, sebuta itu gw dengan dunia konten video tadinya.

Dulu gw kira klo ada orang yang jadi youtuber itu paling bikin kontennya "hay guys, gw lagi makan di sini nih bla bla bla" daily vlog gitu lah, yang gak jauh-jauh dari mamerin klo hidup lo asik, modal muka lo cakep dan pede buat ngemeng pokoknya, hahahaha jahat banget ya pikiran gw dulu. Selama berkelana di dunia youtube, eh gw malah ke asikan dan ada banyaaaaaaaaak banget nemu orang kreatif yang bisa bebas nunjukin kreatifitasnya di situ. ditambah lagi, kayaknya netizen di youtube masih lebih berkelas deh dibanding netizen yang ada di Instagram dan facebook.

Kebetulan sempet diskusi sama temen gw yang kerja di digital agensi, konten video katanya jadi primadona sekarang di semua platform media sosial. jadilah gw semakin tergergerak buat belajar, sekalian mikir selama ini gw suka naro karya craft gw di blog ini pas udah jadi, pengen bikin foto step by step nya tapi males foto-foto pas lagi asik bikin, nah, kenapa enggak gw bikin video aja cara bikinnya? jadi lebih berfaedah kan konten-konten gw? bukan cuma show off karya doang gtu 😀

oke sepanjang tadi baru intro yah, ini gw baru mau nyebutin curahan hati gw selama belajar bikin konten video hahahaaha.

1. Lingkungan terang dan terangnya stabil itu harga mati (gelap dikit, susah ngedit warnanya, gak kaya foto, gampang diakal-akalinnya klo gambar gelap) solusinya ambil gambar pas matahari pas lagi oke, tapi ternyata bikin video 5 menit, syutingnya bisa sampe 2 jam, dan langit terangnya berubah-ubah. jadilah gw beli portable lighting sendiri. masalah kelar? enggak juga, karena baru mampu beli lighting 1 biji, itu musti diakal-akalin biar gak malah bikin bayangan ganggu pas ambil gambar #huft

2. Musti punya stok batre dan memory card yang ready pas lagi syuting, gw pernah nih lagi ngerekam proses DIY, eh batre abis, terus ngambil cadangan juga abis, yailahh masa lagi asik bikin musti di pause karena gak bisa direkam.

3. Ngedit video yang cuma cut, cepetin, gabungin, lambatin, kasih lagu mah gampang ya. tapi kalau itu doang sepertinya gw aja yang bikin bosen ya nontonnya hahaha. pengen ngasih efek gini gitu tapi skill editing gw masih amatir... (semua butuh waktu belajar gin, sabar~)

4. Milih lagu buat video itu susah-susah gampang yaa.. blom lagi klo buat editan video yang panjang, terus dicampur sama suara ngomong, musti terasah feeling nya biar tetep jadi video yang enak ditonton pas gitu sama audionya...

5. Ngomong sendiri di depan kamera dan musti terlihat cerita itu sulit ternyata, awkward banget bebbb hahahaha (musti latihan lebih banyak ini)

6. ngatur dimana kamera, dimana lighting, setting ini itu dan sendirian itu............................ya gitulah 😂

7. Karena dunia konten video ini masih baru banget buat gw, masih suka bingung gitu video yang menarik atau oke itu yang kaya gimana hehehe.

sekian curhat gw, terima kasih buat yang mau baca sampe abis. oh ya, tiap video nya jadi, pasti ada kepuasan batin luar biasa yang gak pernah gw dapetin kalo bikin konten visual yang statis. jadi buat yang sama-sama lagi belajar bikin video juga, semangat ya!! perjalanan masih panjang hihihi 🍻