Selamat Tahun Baru!!

HELLO 2018...!!! 🎉🎉🎉

Berbeda dari beberapa tahun belakangan ini, tahun 2018 ini gw masuki dengan perasan yang lebih tenang. 
kok bisa? thanks buat komik Sarah Andersen yang udah bantu gw bikin penjelasan kaya gini hahaha :

Bisa dibilang semenjak lulus kuliah tahun 2013, kehidupan baru berasa kerasnya buat gw. Baru disadarkan klo banyaaaaak banget yang harus dipikirin, dipertimbangin & diurus dalam hidup ini. mungkin klo kata senior - senior gw di kampus "welcome to the jungle" , "selamat memasuki dunia nyata" dan sejenisnya. 

Pilihan yang bisa dipilih tuh ada banyaaaaaak banget, dengan segala konsekuensinya. Temen-temen yang dulu tahapan hidupnya sama kaya lo sekarang beda-beda sesuai pilihannya. Tapi konyolnya udah tau pilihannya beda-beda, tapi lo tetep secara tak sadar bandingin hidup lo sama hidup temen-temen lo kan? hahaha. Thanks to social media yang bikin kita kebanyakan tau informasi. 

Di samping itu, banyak masalah baru dan drama baru dalam kehidupan, belom lagi urusan pertemanan beneran terjadi seleksi alam. 
Hayo yang merasa lingkaran pergaulannya makin sempit makin ke sini siapa aja??

Semua pilihan yang lo pilih rasanya salah, apalagi klo lo "ngintip" hidup temen lo, padahal sangat mungkin temen yang lo intip juga lagi ngintip hidup lo dan merasa yang sama hahahaha, geblek emang. 
Bahasa kece artikel viral jaman sekarangnya tuh : "quarter life crisis" yang rata-rata terjadi di usia sekitar 25, tapi gw yakin dari usia lo lepas dari perguruan tinggi orang-orang juga udah mulai "goyang" mentalnya, kan lo udah dianggap manusia dewasa yang siap terjun ke masyarakat tuh, terus muncul lah aneka ekspektasi mayan tinggi dari diri lo dan masyarakat, 
dan ternyataaa......... 
kehidupan gak sesimpel belajar mati-matian buat ujian terus pas ujian lo berhasil dan tralalala lo naik kelas. 
beneran - gak - gitu.

- bisa aja lo gak perlu ambil itu ujian buat hidup lo.
- bisa aja lo udah belajar mati-matian ternyata lo salah memperlajari dan lo gamang mau ulang belajar lagi atau ambil pelajaran yang lain. 
- bisa aja selama belajar, banyak suara dari sekitar bahwa sebenernya lo bisa berhasil ujiannya tanpa belajar mati-matian atau bahkan sebenernya lo gak perlu ngikutin itu ujian, terus dikasih deh contohnya siapa, dan lo jadi bimbang
- bisa aja lo udah belajar keras, selalu lulus ujian tapi lo gak pernah naik kelas. gak tau kenapa.
- bisa aja tiba-tiba datang seseorang yang siap bantu/temenin lo belajar tapi dengan konsekuensi lo juga harus bantu/temenin dia buat belajar hal yang lain, terdengar pilihan yang legit tapi gak jarang malah jadi bikin hidup lo malah jadi tambah ribet urusannya.

Kurang lebih itulah yang gw rasain beberapa tahun belakangan ini, tapi berita baiknya adalah secara mental gw udah jauh lebih kuat sih sekarang, gw memulai tahun 2018 dengan lumayan apatis sama mulut orang, menghabiskan banyak waktu gw (baca : kerja keras) untuk melakukan yang gw enjoy karena secara tegas gw udah menyadari apa yang gw suka apa yang enggak, memfilter pergaulan gw  (gw beneran gak bisa deket-deket sama orang yang mengandung negativ vibes, sorry), mengganti ekspektasi dengan goals + langkah kongkritnya dan pastinya belajar tanpa henti yang namanya sabar dan rendah hati (bye bye gengsi). 

Semoga kalian juga membuka tahun 2018 ini dengan jiwa yang positif ya!! 
semangat menghadapi 365 hari kedepan!! 😀💪