Batik Terumbu Karang

Jadi ceritanya saya pernah ikut lomba desain batik yang temanya bawah laut (lupa tapi event nya apaan hehehe). Karena terkesan dengan hewan nudibranch, maka saya membuat rancangan motif batik dengan "bintang" nya adalah hewan tersebut. di sebelah kiri itu merupakan gambaran ancaman coral bleaching dengan tambahan gambar bulu babi di bagian garis kuning. konon katanya pantai yang banyak bulu babinya itu berarti pantai yang lautnya tidak sehat. jadi makin banyak bulu babi = makin buruk perairannya.

Gambar ini saya buat di kertas A3 dengan menggunakan media cat poster buat mewarnai lalu pulpen gliter untuk memberi detil.


ada yang tahu hewan nudibranch? atau mungkin pernah dengar kelinci laut? saya baru tahu baru-baru ini nih, hewan ini seperti siput tanpa cangkang tapi dengan warna warni menakjubkan + bentuk yang sangat unik. selain karena visualnya yang menarik, saya juga tertarik karena ada isu lingkungan yang berkaitan dengan hewan ini. 

beberapa waktu yang lalu saya ngobrol dengan seorang teman dari jurusan biologi, dia bercerita tentang isu lingkungan "coral bleaching". hal tersebut ternyata banyak terjadi di perairan Jawa. jadi karena adanya pemanasan global & perilaku tidak ramah lingkungan lainnya, para terumbu karang di banyak perairan mengalami pemutihan. karang yang berwarna warni itu menjadi warna putih lalu menjadi keropos dan akhirnya menjadi tempat yang tidak layak lagi untuk dihuni hewan-hewan laut lainnya. padahal perairan di indonesia kan terkenal karena kekayaan bawah lautnya di dunia. sedih banget yah dengar isu yang kaya gini 😔 

lalu apa hubungannya dengan hewan nudibranch? nah hewan ini tuh bisa dibilang salah satu parameter sebuah terumbu karang masih baik atau tidak. jadi kalau di sekitar terumbu karang ini masih ada hewan ini berarti terumbu karang tersebut masih bisa dikategorikan sehat. selain itu dari sekian banyak jenis nudibranch di dunia, paling banyak jenisnya itu adanya di Indonesia 💕