Nirmana 3D

Kayaknya mata kuliah di tingkat satu yang paling berkesan buat mahasiswa FSRD ITB tuh mata kuliah ini deh, nirmana 3 dimensi hahaha. Gimana gak berkesan, setiap hari kamis para mahasiswa musti berurusan dengan material yang berbeda-beda dengan ukuran yang lumayan gede. udah gitu membawa karya-karya ini musti pake kardus yang musti kita bikin sendiri. Alhasil, tiap hari kamis keliatan tuh anak FSRD yang mana, soalnya heboh bakal bawa-bawa kotak kardus ukuran gede di sekitar kampus 😂

By the way, nirmana itu apa sih? Nirmana adalah penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis. Nirmana juga dapat diartikan sebagai hasil imajinasi dalam bentuk dua dimensi dan tiga dimensi yang mempunyai nilai keindahan (thanks google hehehe) . Jadi di mata kuliah ini, mahasiswa nya dilatih kepekaannya untuk membuat suatu bentuk yang estetik.

Ini kayaknya tugas buat uts atau uas deh klo gak salah. jadi mahasiswanya diminta membawa lilin dan korek, terus pas ujian dibagiin kertas. Udah gitu doang, lalu diminta buat karya 3D dengan prinsip nirmana. Mantap kan bayangin bingung nya di beberapa menit awal hahaha.

Sebenarnya hasil karya akhirnya itu gips, tapi gw gak ada dokumentasinya. Jadi sebelum dicetak jadi gips, musti dibentuk dulu karyanya pake tanah liat. bentuknya sendiri ngambil dari potongan buah yang dipilih dosen, terus musti kita tiru. 

Gw ada cerita lucu pas bikin ini nih, ini tuh ngambil bentuk bagian bawahnya labu siam, bentuknya harusnya menonjol bangetkan itu, pas lagi ngantri ke dosen buat asistensi, gw taro di meja ini tanah liat, dan bodohnya kurang ke tengah, ywdlah itungan detik pas gw lagi balik badan... "PLAK" ini tanah liat jatoh dengan posisi 180 derajat nempel lantai.

sumpah pas itu jatoh 1 kelas gw langsung hening, syok semua, bahkan yang lagi antri disekitar gw reflek meluk gw dan nutup mata gw karena gak tega liat gw syok liat karya gw yang udah montok jadi rata licin kaya lantai 😂😂😂. Bahkan cowo-cowo yang lagi di meja lagi bikin karya aja reflek saling berpelukan saking gak kebayang klo kejadian gw itu menimpa mereka 😂😂😂.  Lawak banget suasana kelas gw klo diinget, untung pak dosen gw baik, langsung bantuin ngangkat tanah liat gw yang nempel di lantai dengan bantuan benang, tapi yhaa tetep gw musti mulai dari awal lagi bikinnya 💔


Kalau yang ini bikin pake kertas karton. oh ya setiap bikin yang terdiri dari modul-modul begini gak diperbolehkan pake lem yaa... jadi ada trik nya tersendiri buat bikin mereka saling menyatu. ini yang paling bikin lelah adalah musti ngukur dan motong secara akurat satu-satu kertasnya, soalnya klo gak pas ya gak bisa kepasang. bikin ini reatif lebih cepat dari pada bikin yang sedotan sih...

ini tugas terfavorit gw di nirmana 3D. soalnya nilai paling tinggi gw dalam matkul ini hahaha. cuma dikasih busa bentuk persegi panjang + benang + jarum. udah deh dilepas disuruh bikin karya yang bentuknya estetik. gak terlalu capek dan makan waktu hehehe. jahit busa lumayan tricky sih, kekencengan busanya rusak, kekendoran jadi jelek bentuknya. pas udah jadi pun busa nya musti di cat putih yang mana kalau ketebelan ngecatnya jadi ada krek retak gtu, ketipisan jelek.



Nah ini dia nih yang fenomenal, klo di angkatan gw ini tugas pertama nirmana 3D, bikin bentuk dari sedotan. sedotannya gak bisa sembarangan, musti yang merk nya flexi fresh dan anehnya gw cuma bisa nemu sedotan merk itu di Bandung hahaha (serius ini). lagi-lagi dibuatnya gak boleh pake lem, musti bikin "kunci-kunci" yang dibuat dari sedotan (juga) dipotong-potong buat nyambungin antar sedotannya. ajaib kan~
lama pengerjaannya ini sampe berminggu-minggu lho, bahkan libur lebaran tahun 2009 kerjaan gw motong-motongin sedotan tiap malemnya di rumah 😂


sekarang udah paham lah ya kenapa mata kuliah ini berkesan banget buat gw hahaha.