Kuliah Batik

"lo belajar bikin batik juga Gin pas kuliah?" --> pertanyaan yang lumayan sering gw dapet selama ini, dan jawabannya tentu saja "Yoiii" 😀

Sebelum gw lanjut cerita, mending kita samakan dulu definisi batik itu apa. Batik adalah nama teknik mengolah permukaan kain dengan mengunakan lilin malam, jadi bagian kain yang tertutup lilin malam gak akan kena pewarna kain, bahasa beken internasionalnya adalah "teknik wax-resist dyeing" . Asalnya sendiri kalau teknik batik tulis yang pake canting itu emang dari Indonesia, tapi kalau yang teknik batik cap, itu berasal dari Tionghoa.

Batik Indonesia memang punya motif-motif yang khas, dan di masa kini motif-motif khas itu dibuat ulang dengan teknik print kain. Tapi ya sebenernya yang namanya batik itu adalah kain yang pake proses pewarnaan dengan ditutupi lilin malam. Jadi waktu heboh-heboh Malaysia bikin batik, menurut gw sah-sah aja, toh yang khas indonesia itu batik yang pembuatannya pake canting, bukan cuma teknik batiknya. tapi ya nama juga netizen hehehe.

waktu jaman gw kuliah, selain nyobain bikin batik pake canting, gw juga musti eksplorasi dengan dicampur teknik cap. Pas banget jaman gw kuliah ini, ada dosen tamu dari Jerman "Joachim Blank" (cek karya nya di : http://www.blank-fibreart.de/currentart.htm )
Beliau seniman yang biasa bikin batik dengan teknik cap menggunakan aneka benda. Dulu gw dan temen-temen diajarinnya pake batang kayu yang gede-gede & berrongga buat jadi cap.

Batik cap Indonesia + cap batang kayu, 1 x 1 m

Batik cap Indonesia + batik tulis pake kuas (yang di bulet-bulet warna biru), 1 X 2 m

Batik tulis menggunakan canting, 1 x 1 m