Belajar Tenun

Salah satu yang dipelajari di jurusan gw (Kriya Tekstil) adalah pelajaran tentang tenun. jadi tiap mahasiswanya wajib bikin kain tenun sendiri dengan ATBM (alat tenun bukan mesin). ada yang pernah liat ATBM yang kaya gini gak?


Di fakultas gw ada banyak tuh alat begitu. bukan buat jadi pengrajin juga si belajar ini, cuma sebagai desainer tekstil, musti banget ngerti prinsip terbentuknya kain dari proses tentun, jadi klo suatu hari punya project ngedesain menggunakan kain tenun atau malah bikin kainnya jadi lebih enak.

 Yang gw bikin ini panjangnya cuma 1 meter tapi bikinnya sampai berjam-jam. gw inget banget pas bikin kain ini sampai jam setengah 12 malem di kampus bareng 3 orang teman. setelah jadi gw pulang ke kosan dengan perasaan bahagia banget karena bisa kelar urusan sama ini kerjaan hahaha.




Lumayan rapih lah yaa karya tenun pertama gw hehehe.
Gak kebayang deh gimana kalau pengrajin kain tenun di daerah-daerah pakai alat yang jauh lebih manual bahkan benangnya bikin sendiri, tapi hasil akhirnya bisa jadi kain bermotif rumit. gw aja yang garis garis doang gini udah stres bikinnya.

Pokoknya klo kalian suatu hari bertemu kain tradisional yang dibikin dengan ditenun manual gitu terus motifnya rumit/detail jangan kaget yah klo harganya mahal! terus jangan ditawar kelewat murah atau protes kemahalan. karena percayalah ada ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi dari si pembuatnya di balik kain tersebut 😃 👍