Kek Lok Si

kalau kalian jalan - jalan ke Penang,  gw sangat ngerekomendasiin untuk jalan-jalan ke sini. Emang sih ini tempat ibadah, tapi dibuka untuk umum/turis juga kok (jangan lupa ya buat berpakaian yang sopan ya kalau ke sini, kan tempat ibadah 😊)

Gw saranin kalau ke sini pake mobil grab aja, ada sih bis yang lewat, tapi berhentinya jauh di bawah. karena kawasan kuil ini gede banget, mendingan langsung ke bagian yang saya sempet foto narsis di bawah hehehe. kalau jalan-jalan di penang emang enaknya naik grab aja sih kemana-mana, secara penang tuh kecil, jalanan dimana-mana lancar dan rata-rata drivernya bisa bahasa melayu. 

nah klo naik bis kira-kira turunnya di sini, gak tau ada tangga apa enggak dari dalem buat ke bagian pagoda putih itu. klo via jalan raya sih wah, lupain aja mendingan, jauh gelaa...

kalau dianter mobil pribadi, turunnya di sini, ini kalau kameranya gw puter 180 derajat, pemandangannya pegunungan gitu. bagus!

masuk lebih ke dalam, target gw dan temen gw adalah kita mau naik sampe lantai paling atas pagoda hahaha. sampe ke level ini masuknya masih gratis ya.

nih sisi pegunungan yang gw bilang tadi, parah sih desain arsitektur bangunan dan desain landscape nya ini kuil, bagus banget, visually attractive parah lah pokoknya, cocok buat foto instagram hahaha.

ini tempat ibadahnya udah cukup di atas (ada banyak banget ruangan buat ibadah di sini), udah deket pagodanya, musti bayar beberapa ringit buat masuk level ketinggian ini (gw lupa pastinya, murah kok tapi, mahalan masuk borobudur) 

satu lagi yang gw suka ke sini adalah sepiiiii banget, puas gitu nikmatin suasananya tanpa gaduh atau nabrak orang-orang yang sibuk foto-foto. ini foto yang gw ambil dari atas pagoda, berasa lagi liat maket anak arsitektur gw, semuanya terlihat mini-mini hehehe.

nah tower abu-abu yang ini, tower dewi kuan in. kalau mau ke bagian itu musti naik kereta-keretaan dari bawah. naik keretanya bayar, tadinya udah mau naik gw tapi pas sadar hari udah siang ternyata jadi batal (ini kawasan kuil beneran gede banget, dateng dari pagi baru buka, muter-muter eh udah siang hari aja)

Pemandangan dari sisi lain yang gw foto dari atas pagoda. Trek jalannya mirip kaya IKEA gtu klo mau sampe atas, alias mau gak mau semua bagian bagunan terlewati alias muter-muter hahaha. ya gapapa sih sekalian hunting spot oke buat foto #tetep ✌

wajah ngumpetin ngos-ngosan setelah berhasil sampai ke lantai 7 Pagoda. ahey! 📷

nb : buat yang sempet googling tentang Kek Lok Si terus nemu foto pas malem penuh lampu-lampu, itu cuma terjadi pas hari-hari tahun baru china. Gw sehari sebelum ini, udah kesana sore-sore, dengan niat mau liat pas malem penuh lampu, ternyata tetot~ jam 5 udah ditutup buat umum. terus manggil grab jam segitu dikawasan itu hari weekend, gak ada yang ngambil huhuhu.
naik bis, super jarang lewatnya, alhasil jalan mayan jauh gw dkk sampe nemu jalan raya gede (yes anak-anak gadis jalan kaki magrib-magrib di negara orang demi nemu transportasi buat pulang *drama*)